Fridich Method 3x3



halo sobat..
kali ini saya akan membahas sedikit tentang Fridich Method..

Bagi kita yang senang bermain rubik mengejar waktu tercepat adalah hal biasa. Tapi bagi kita yang hanya mengetahui Beginner Method mengejar waktu adalah hal yang cukup sulit.

disini saya ingin menjelaskan sedikit mengenai Fridich Method yang biasa di pakai oleh pemegang rekor dunia Rubik 3x3.

Fridich Method biasa juga disebut dengan CFOP method
CFOP method sendiri terdiri dari Cross, F2L (First 2 Layers), OLL (Orienting the Last Layer) dan PLL (Permulation Last Layer)

Langkah-langkah Fridrich Method:
1. Membuat Cross
Hasil gambar untuk cross rubik
 itu adalah bentuk cross yang benar. Untuk seorang pemula, membuat cross biasanya dibutuhkan waktu sekitar 30 detik lebih, lama kelamaan proses ini dapat diturunkan menjadi 2-3 detik.

2. F2L
bagi pengguna beginner method biasanya ini dilakukan menggunakan layer by layer method. Layer by layer dilakukan dengan cara menyelesaikan layer satu terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan menyelesaikan layer dua. Tapi di F2L layer satu dan layer dua dilakukan secara sekaligus sehingga dapat diselesaikan dengan waktu yang relatif singkat dengan waktu rata rata 8 detik.
Belajar F2L bukanlah hal yang mudah, tapi jika latihan secara serius maka kita juga akan mendapatkan hasil yang maksimal.

3. OLL

Hasil gambar untuk oll rubik
Selanjutnya adalah OLL. Bagi pengguna beginner method kita biasa mencari pola ikan terlebih dahulu lalu menyelesaikannya, tapi pada OLL kita dapat langsung menyelesaikan seluruh pola yang ada setelah F2L selesai. Namun untuk meghapal keseluruhan rumus OLL ini adalah hal yang sulit menurut saya. Namun dengan menghapal keseluruhan OLL yang ada maka anda dapat memotong waktu yang cukup banyak. Untuk mengeksekusi OLL biasanya waktu yang diperlukan sekitar 2-4 detik.

4. PLL
ditahap terakhir ini yang perlu kita pelajari adalah PLL. PLL dilakukan dengan tujuan untuk menukar posisi edge dan corner. Waktu ideal untuk mengeksekusi PLL adalah 2-3 detik.

Hanya itu yang saya dapat jelaskan tentang Fridich Method.
Menghapal seluruh algoritma/rumus pada Fridich Method bukanlah hal yang mudah, tapi jika kita berusaha dengansungguh sungguh kita pasti bisa mengapalnya.
jika dijumlahkan dari waktu ideal maka waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan rubik dengan Fridich Method adalah sekitar 14-16 detik. Rekor dunia rubik saat ini adalah 4.69 detik.

Secara keseluruhan algoritma yang harus di hapal adalah 41 (F2L) + 57 (OLL) + 21 (PLL) = 119 algoritma
saat ini saya berhasil menghapalkan sekitar 70an algoritma dan waktu tercepat saya adalah 14.93 detik berkat latihan saya selama bebrapa bulan.

berikut ini adalah algoritma yang saya dapatkan melalui http://jocubes.blogspot.co.id/2012/03/rumus-rubik-speedcubing.html#.WdC8Cy54ZJM

1. F2L
Toko Rubik Jo Cubes – Jual Rubik Speedcubes | F2L

2. OLL


3. PLL



cukup sekian untuk post ini, terimakasih telah membaca dan sukses selalu..




sumber dan referensi:
https://ruwix.com/the-rubiks-cube/advanced-cfop-fridrich/
https://virkill.wordpress.com/2009/05/03/jessica-fridrich-method-metode-jessica-fridrich/
http://jocubes.blogspot.co.id/2012/03/rumus-rubik-speedcubing.html#.WdC8Cy54ZJM

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Channel Youtube dengan Subscriber Terbanyak di Dunia

Biodata Saya